Selasa, 01 Maret 2011

Demplot Ayam Petelur Bakorluh P2K Prov. Malut

Pada akhir tahun anggaran 2010 Bakorluh P2K Prov. Maluku Utara membangun Demplot Ayam Petelur yang berlokasi di Desa Kusu, Kec. Oba Utara. Ayam Petelur sejumlah 1300 ekor yang masih DOC dipelihara di demplot tersebut. Demplot tersebut dimaksudkan untuk pembelajaran bagi para penyuluh dan juga masyarakat dalam rangka mengusahakan ayam petelur.

Selama masa pemeliharaan, sejumlah kurang dari 10% ayam mati. kematian tersebut disebabkan oleh sempitanya kandang pemeliharaan sehingga meningkatkan tingkat stres ayam, yang berakibat pada kematian ayam.

Pada pertengahan Januari 2011, ayam petelur tersebut sudah dipindah dari kandang pemeliharaan ke kandang produksi. tak lama setelah menyesuaikan diri dengan keadaan kandang produksi ayam-ayam tersebut telah mulai bertelur.

Awalnya produksi telur dari 1200 an ayam petelur tersebut masih berkisar 300 an telur per hari, kemudian pada bulan Februari produksi telur sudah mencapai 90%, dimana angka tersebut sudah dianggap cukup ideal.



Perhitungan usaha tani ayam petelur, dilakukan oleh para penyuluh, sebagai ajang latihan juga sebagai salah satu bentuk media penyuluhan kepada masyarakat.

Banyak hal yang dapat dipelajari tentang ayam petelur ini, mulai dari manajemen pemeliharaan, manajemen pakan, penyakit ayam petelur dan cara penanggulangannya, dan juga manajemen pemasarannya. Malah pada akhir februari ini, Demplot ayam petelur Bakorluh kewalahan mememnuhi pesanan telur, padahal para konsumen hanya berasal dari Desa Kusu dan sekitarnya. Hal tersebut menggambarkan betapa prospektifnya usaha ayam petelur untuk wilayah Maluku Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar