Selasa, 01 Maret 2011

Sofifi, Kota Sayuran di Daratan Halmahera

Sofifi, awalnya sebuah Desa di Kecamatan Oba Utara. Semenjak 4 Agustus 2010, Sofifi ditetapkan sebagai Ibukota Provinsi Maluku Utara, menggantikan Kota Ternate yang sebelumnya menjadi ibukota sementara pada provinsi yang baru dibentuk pada 1999 ini.


Januari 2010, aparatur pemerintahan daerah provinsi Maluku Utara resmi berkantor di Sofifi. Jumlah penduduk di Sofifi semakin bertambah, seiring dengan mobilisasi pegawai. Potensi lahan dan pemanfaatan yang dimiliki daerah Sofifi dan desa-desa sekitarnya yaitu Galala, Gurapin, Durian, Kusu dan desa-desa lainnya berbanding terbalik, potensi lahan luas,namun pemanfaatannya masih kurang.

Melihat kondisi tersebut, Kepala Bakorluh Maluku Utara, Ir. Jamal Abd. Rahman, M. Si, berencana untuk menjadikan Sofifi sebagai Kota Sayuran. sebagai langkah awal pada bulan Maret akan dilakukan penyuluhan secara intens di daerah Kec. Oba Utara, yang mencakup wilayah Sofifi dan sekitarnya. Penyuluhan dilakukan oleh para penyuluh yang ada di Bakorluh, setiap malam, dari hari Senin sampai hari Jumat. Penyuluhan diberikan kepada masyarakat dengan materi-materi penyuluhan mengenai berbagai macam teknis budidaya tanaman sayuran. Penyuluh juga memberikan motivasi bagi para petani untuk melakukan budidaya tanaman sayuran.



Selain penyuluhan, dibuat juga Demplot tanaman sayuran di Desa Kusu. Banyak jenis sayuran dan buah yang telah ditanam di Demplot. Diantaranya adalah Bayam, Kacang panjang, Bawang daun dan Jagung. Hasil dari Demplot tersebut kini sudah mulai dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, yaitu berbagai macam sayuran sudah dapat diperoleh dalam kondisi segar, jumlah banyak dan harga murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar